Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Duduk Malas Berguna Buat Tulang Belakang

Posted by BlueDrak Tuesday, October 27, 2009
.















Apakah Anda termasuk orang yang selalu duduk dengan posisi badan tegak? Jika ya, sebaiknya cobalah untuk menyelingi posisi duduk Anda dengan gaya bermalas-malasan. Karena posisi ini bisa membantu mengurangi timbulnya masalah pada tulang belakang.

Selama ini orang berpikir jika ingin memiliki postur tubuh yang bagus dan tegak, maka harus selalu duduk dengan posisi tegak dan kaku. Padahal sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk lemah sambil bermalas-malasan mungkin bisa lebih baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Woodend Hospital in Aberdeen, Skotlandia, menunjukkan bahwa sesekali duduk sambil bermalas-malasan akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi tulang belakang dibandingkan dengan duduk tegak dan kaku secara terus menerus.

Dalam melakukan penelitian ini digunakan alat magnetic resonance imaging (MRI) untuk melakukan scan terhadap 22 orang sukarelawan yang memiliki tubuh sehat tanpa riwayat sakit punggung atau pembedahan. Untuk melakukan pengujian, semua orang sukarelawan melakukan scan pada berbagai posisi duduk yang berbeda.

Hasilnya menunjukkan bahwa duduk dengan posisi tegak yang terus menerus bisa membuat ketegangan tulang belakang dan dapat menimbulkan sakit punggung yang kronis. Ini diakibatkan oleh saraf yang terjebak lama sehingga menjadi kaku atau lempengan tulang belakang yang bergeser.

Para peneliti menyimpulkan bahwa duduk dengan posisi 135 derajat adalah posisi duduk yang optimal, sedangkan selama ini orang menganggap duduk dengan posisi tegak 90 derajat adalah posisi yang paling ideal untuk tubuh.

"Duduk sesuai dengan posisi anatomi tubuh adalah suatu hal yang penting, karena tekanan yang terjadi pada tulang belakang, otot dan sendi yang terkait dari waktu ke waktu dan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan rasa sakit, cacat dan penyakit tulang kronis," ujar Dr. Rosita Amir Bashir, seperti dikutip dari Healthday, Sabtu (24/10/2009). Penelitian ini telah dipublikasikan dalam pertemuan Radiological Society di Amerika Utara.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami masalah dengan tulang belakang, cobalah sesekali Anda duduk dengan posisi bermalas-malasan. Karena bisa membantu meregangkan otot dan sendi yang ada, sehingga tidak menjadi kaku.[detik]

0 Responses to Duduk Malas Berguna Buat Tulang Belakang

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts