Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Pelantikan Presiden SBY

Posted by BlueDrak Wednesday, October 21, 2009
.















Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono telah menetapkan program seratus hari, satu tahun dan program lima tahun selama lima tahun akan memimpin Indonesia hingga 2014. "Esensi dari program lima tahun mendatang, peningkatan kesejahteraan rakyat, penguatan demokrasi dan penegakan keadilan," kata Presiden SBY ketika mendapat kesempatan berpidato dalam sidang paripurna MPR di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (20/10).

Menurut Presiden, peningkatan kesejahteraan rakyat menjadi prioritas utama. "Kita ingin membangun ekonomi dengan berlandaskan daya saing, pengelolaan sumber daya alam, dan peningkatan sumber daya manusia," ujarnya. Presiden mengatakan ekonomi Indonesia harus tumbuh semakin tinggi. Namun, pertumbuhan ekonomi yang diciptakan adalah pertumbuhan yang inklusif, pertumbuhan yang berkeadilan, dan pertumbuhan disertai pemerataan.

Pemerintah juga ingin membangun tatanan demokrasi yang bermartabat, yaitu demokrasi yang memberikan ruang kebebasan dan hak politik rakyat, tanpa meninggalkan stabilitas dan ketertiban politik. Juga ingin menciptakan keadilan yang lebih baik, ditambahi dengan penghormatan terhadap rasa kehidupan yang nondiskriminatif, bersamaan kesempatan dengan tetap memelihara rasa kesetiakawanan sosial dan perlindungan bagi yang lemah.

Untuk mewujudkan cita-cita terutama kesejahteraan rakyat, dianggap perlu memperkuat demokrasi dan meningkatkan keadilan. Presiden menyebutkan ada sejumlah kunci sukses yang perlu dipedomani dan dijalankan. Yang pertama, jangan pernah menyerah dan patah semangat. "Ingat segala keberhasilan monomental bangsa kita dari revolusi, pembangunan nasional, revormasi, penyelesaian berbagai konflik, termasuk penanganan tsunami, semua ini hanya bisa dicapai dengan keuletan dan semangat yang tak kenal menyerah," katanya.

Presiden mengingatkan kembali semangat harus bisa yang selalu disampaikan dalam berbagai kesempatan. Menurutnya, ke depan dengan semngat Indonesia bisa, pemerintah akan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah krisis dunia. "Dengan semangat ini, kita akan mengobarkan semangat good governance, membasmi korupsi. Dengan semangat ini pula kita akan terus mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar SBY.

Kunci kedua adalah perlu menjaga kesatuan dan kebersamaan. Menurut SBY, dalam demokrasi, boleh berbeda pendapat, tapi bukan berarti harus terpecah belah. "Dalam demokrasi yang sehat, ada masa kita berdebat, ada masa kita merapatkan barisan," katanya. Ia juga meminta semua pemimpin dengan latar belakang politik yang berbeda kompak dalam dalam menghadapi berbagai tantangan dunia yang kian berat. "Marilah kita pupuk dan perkokoh persatuan dan kebersamaan," SBY mengajak.

Kunci sukses yang ketiga adalah jati diri bangsa harus dijaga. "Yang membedakan, kita adalah budaya kita dan Keindonesia kita. Ada identitas dan kepribadian yang mebuat Indonesia khas, unggul dan tidak mudah goyah," tutur SBY. Menurutnya, Keindonesiaan tercermin dalam skikap pluralisme atau kebinekaan, kekeluargaan, kesantunan, toleransi, sikap moderat, keterbukaan dan rasa kemanusiaan. Hal inilah yang harus kita jaga, kita pupuk, kita suburkan di hati sanubari kita dan di hati anak-anak kita," SBY berpesan.

0 Responses to Pelantikan Presiden SBY

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts