Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Penyebab Anorexia Ditemukan

Posted by BlueDrak Friday, October 30, 2009
.















Tokyo, Berawal dari keinginan untuk terlihat lebih kurus malah kebablasan dan berakibat fatal menjadi pengidap anorexia (gangguan pola makan). Selama ini para peneliti terus mencari kenapa orang normal bisa terganggu psikologisnya yang menyebabkannya anorexia.

Gangguan pola makan selama ini selalu dipandang sebagai suatu penyakit yang diakibatkan oleh faktor psikologis dan juga sosial seperti kelebihan berat badan yang membuatnya malu untuk berteman dengan siapapun.

Tapi kini ilmuwan berhasil menemukan faktor lain penyebab anorexia dari sisi biologis. Sebuah penelitian menemukan perbedaan jumlah protein BDNF (brain derived neurotropic factor) di otak antara perempuan sehat dengan yang anoreksia.

Anoreksia adalah gangguan pola makan yang serius dan bisa berakibat fatal seperti kematian. Umumnya gangguan ini terjadi pada kaum perempuan dan dimulai saat seseorang sangat memperhatikan penampilan tubuhnya atau pada masa pubertas. Orang dengan anoreksia biasanya memiliki berat badan 15 persen di bawah berat badan normal.

Meskipun sampai saat in para ilmuwan belum dapat mengerti seutuhnya mengenai penyebab fisik anoreksia, tapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar protein BDNF di otak yang rendah bisa mempengaruhi seseorang menjadi anoreksia. Protein BDNF (brain derived neurotropic factor) ini sendiri sangat bermanfaat terhadap fungsi otak.

Seperti dikutip dari ScienceDaily, Kamis(28/10/2009) Cynthia Bulik dari anggota aculty of 1000 Medicine serta ahli di bidang psikiatri dan gangguan makan, menunjukkan bahwa kadar potein BDNF ditemukan lebih tinggi pada perempuan yang sudah pulih dari penyakit anoreksia.

Selain itu peneliti dari Chiba University di Jepang juga mengatakan bahwa perempuan yang mengalami anoreksia memiliki kadar protein BDNF yang rendah dalam darahnya dibandingkan dengan perempuan sehat atau yang telah pulih dari anoreksia.

Perempuan dengan kadar BDNF rendah juga memiliki kepercayaan atau citra diri yang rendah, menderita akibat rasa cemas dan depresi serta memiliki kemampuan kognitif seperti berpikir, mengingat atau belajar yang tidak terlalu bagus.

Penelitian selanjutnya akan dilakukan untuk menentukan peran apa dari protain BDNF ini yang mempengaruhi seseorang menjadi anoreksia. Serta bagaimana meningkatkan kadarnya agar menjadi normal kembali.[detik]

0 Responses to Penyebab Anorexia Ditemukan

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts