Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Kenapa Bisa Alergi ?

Posted by BlueDrak Saturday, November 21, 2009
.
















Kenapa orang bisa tiba-tiba kena alergi yang kadang datang secara tiba-tiba ??
Apa yang harus dilakukan jika alergi datang dan bagaimana pencegahannya.

Alergi bisa timbul karena faktor macam-macam mulai dari makanan, obat-obatan, cuaca, atau binatang. Jika Anda mengalami kulit merah disertai dengan gatal, bersin-bersin, mata gatal bisa, hati-hati mungkin Anda menderita reaksi alergi.

Reaksi alergi atau disebut juga reaksi hipersensitivitas adalah suatu respons imun yang berlebihan dengan derajat bervariasi mulai dari yang ringan sampai berat terhadap substansi tertentu yang dalam keadaan normal sebenarnya tidak membahayakan.

Substansi yang menyebabkan reaksi alergi selanjutnya disebut dengan alergen. Reaksi antara alergen dan antibodi kita itulah yang menyebabkan alergi.

Jika Anda terkena alergi ingat-ingat dulu apa yang sudah Anda makan atau lakukan untuk mengenal pencetusnya. Kadang-kadang perawatan sendiri di rumah tidak cukup menghilangkan alergi.

Kalau sudah begitu segera berobat ke dokter karena jika salah-salah minum obat bisa memperparah alerginya.

Ada dua tipe reaksi alergi yaitu:

Reaksi alergi tipe cepat

1. Reaksi alergi yang timbul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah kontak dengan alergen, lalu hilang dengan cepat pula.
2. Bentuk klinik reaksi alergi tipe cepat ini seperti: shock anafilaktik, alergi terhadap debu rumah, asma bronkhial, dll.
3. Reaksi anafilaksis dapat menakutkan, anak merasa tenggorokannya tersumbat atau pingsan


Reaksi Alergi tipe Lambat

1. Reaksi alergi yang timbul dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari setelah kontak dengan alergen, tetapi hilang juga dalam waktu yang relatif lama pula.
2. Bentuk klinik reaksi alergi tipe lambat ini seperti: hipersensitivitas terhadap bakteri, jamur, parasit, dll.


Untuk menghindari alergi cukup dengan bersabahat dengan alergi, artinya dengan mengenali alergen yang menyebabkan alergi kita bisa terhindar dari alergi. Akan tetapi jika reaksi alergi itu datang, mau tidak mau harus diobati. Pengobatan alergi adalah dengan obat anti-alergi.

Obat anti-alergi ini beragam jenisnya. Salah satunya adalah kelompok obat alergi anti-histamin 1 (AH-1). Saat ini PT Indofarma Tbk telah memasarkan obat AH-1 generik ini yaitu CETIRIZINE tablet 10 mg.

Keunggulan dari produk ini adalah efektif dan cepat mengatasi alergi bersifat non-sedatif (tanpa atau sedikit menimbulkan rasa kantuk) dan cukup digunakan sekali sehari. CETIRIZINE ini termasuk obat ethical, artinya untuk mendapatkannya harus menggunakan resep dokter.[deti]

0 Responses to Kenapa Bisa Alergi ?

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts