Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Menguak Kekuatan Canon EOS 1-D Mark IV

Posted by BlueDrak Sunday, November 1, 2009
.
















Hitam, berat serta mantab di tangan adalah kesan pertama yang didapat ketika memegang kamera teranyar Canon, EOS 1-D Mark IV. Namun di balik body hitamnya yang kekar, ketajaman mata lensa serta kecerdasan 'otak gandanya' begitu mengagumkan.

Setidaknya itulah yang dirasakan detikINET saat berkesempatan menjajal kamera DSLR kelas ningrat itu dalam acara pengenalan Canon EOS 1D Mark IV bertempat di Gedung Datascript, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2009) malam.

"Canon EOS 1D Mark IV baru akan dirilis di pasaran mulai bulan Desember nanti," ujar Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT Datascript.

"Hal tersebut dikarenakan untuk menyambut olimpiade musim dingin. Dengan ISO yang tinggi kamera ini sangat membantu untuk mengabadikan momen-momen dengan mudah," tambahnya.

Penasaran dengan fitur papan atas kamera tersebut, detikINET pun mencobanya. Benar saja, ketika kamera kelas 'ningrat' ini dijinjing, bobot body dan lensa sangatlah pas dan mantab di tangan, apalagi bagi fotografer yang memiliki ukuran tangan besar.

Otak Ganda

Dalam ruangan tersebut, detikINET mencoba mengambil gambar patung dengan speed rendah. Padahal kondisi cahaya ruangan dirasa minim. Namun hasilnya sungguh luar biasa. Kontur patung yang terbuat dari kayu, saat diperbesar tidaklah pecah bahkan sangat lembut dan terlihat alami. Seolah terkesan tidak ada noise yang mencolok tajam dalam gambar tersebut.

Hal tersebut karena fitur sensor CMOS beresolusi 16.1 megapiksel (APS-H) dengan struktur microlens unggulan menghasilkan kualitas gambar yang mengagumkan dan warna yang alami.

Selain itu ternyata kamera ini bekerja dengan 'otak ganda', yakni prosesor Dual DIGIC 4. Kedua prosesor ini bekerja maksimal saat pengguna memotret menggunakan resolusi penuh dengan kecepatan tertinggi (10fps hingga 85 gambar JPEG berturut-turut).

Untuk meningkatkan kecepatan pemotretan dalam kondisi rendah cahaya, pengaturan ISO tinggi mutlak dibutuhkan. Canon EOS-1D Mark IV mengusung pilihan ISO dari 100 sampai 12.800 yang dapat diturunkan hingga ISO 50 dan dinaikkan hingga ISO 102.400 dengan noise minim.

AF yang Tajam

Untuk masalah fokus, Canon menghadirkan teknologi autofocus (AF) terbaru di Canon EOS-1D Mark IV. Ketepatan tinggi dari 45-point AF sensornya yang dapat dipilih menghapus kekhawatiran penggunanya akan kehilangan fokus pada pemotretan
berkecepatan tinggi.

Di antara ke-45 titik tersebut terdapat 39 cross-type AF points yang dapat dipilih. Alhasil, saat kamera ini berasa sangat responsif dalam mencari titik fokus. Sangat cocok sekali bagi para fotografer olahraga, serta fotografer yang menyukai tantangan cahaya minim.

Pada penggunaan fungsi Live view, pengguna pun dapat memilih satu dari 3 sistem AF yang ada, Live Mode, Face Detection atau Quick Mode.

Kamera Foto atau Video?

Pada dasarnya EOS adalah sebuah kamerta DSLR. Namun kamera ini dapat juga difungsikan untuk mengambil gambar video beresolusi tinggi (HD) secara penuh.

Melalui fungsi ini, video dengan kesempurnaan gambar yang tinggi dan resolusi sebesar 1920x1080 (Full HD), dapat digunakan untuk merekam dengan 24, 25 serta 30 progressive frame rates. Bahkan, kecepatan rekam gambar 60 fps juga tersedia
pada resolusi 1280x720.

Hal ini tentu juga menjadi pilihan yang tepat bagi para jurnalis foto. Pasalnya, saat ada momen berharga untuk direkam, mereka tak perlu repot berganti alat. Cukup mengganti modus video pada kamera DSLR ini. Sangat praktis.

Puas meraba-raba kamera 'ningrat' yang menempati kasta tertinggi keluarga EOS ini, detikINET pun bertanya masalah harga pasti saat 1-D Mark IV menyambangi Indonesia.

Sayang, jawaban dari Merry belum bisa mencairkan rasa penasaran para 'Canonia' yang hadir di ruangan tersebut.

"Wah, soal harga pasti belum bisa disebutkan. Karena baru akan hadir sekitar Desember mendatang. Yang jelas kalau di luar kisarannya adalah US$ 5.000," tukasnya.[detik]

0 Responses to Menguak Kekuatan Canon EOS 1-D Mark IV

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts