Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Netter China Siap Bombardir Obama

Posted by BlueDrak Tuesday, November 17, 2009
.
















Pengguna internet di China sudah menyiapkan sambutan khusus untuk kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Negeri Tirai Bambu itu. Sambutan yang dimaksud pastinya bukan aksi penyambutan nan meriah, melainkan gempuran pertanyaan.

Memang, sarana menyuarakan pendapat dan melontarkan pertanyaan ke pemerintah terbilang ketat di China. Jadi ketika kran penampungan pertanyaan dibuka, warga China pun langsung menjajalinya. Terlebih orang yang diajak diskusi adalah sang pemimpin negara adidaya.

Gelontoran pertanyaan tersebut ditampung dan kini telah diseleksi oleh kantor berita Xinhua dan People's Daily. Selanjutnya akan diajukan ketika Obama berdiskusi dengan para pelajar di Shanghai pada Senin waktu setempat.

"Detail dari acara di Shanghai masih dalam persiapan. Pertanyaan para netizens (pengguna internet-red.) disosialisasikan di Xinhua.net dan kami berharap presiden (Obama-red.) akan menjawab beberapa pertanyaan tersebut," ujar juru bicara Kedubes AS di China Susan Stevenson, dikutip detikINET dari AFP, Senin (16/11/2009).

Pertanyaan dari beragam topik memang dilontarkan para netter China ini. Namun yang paling diminati terkait polemik Tibet. Banyak yang ingin tahu, bagaimana sebenarnya posisi AS dalam perseteruan China dan Tibet ini?

Namun tetap saja ada yang melemparkan pertanyaan 'tidak penting' ke forum online ini. Seperti kenapa Presiden AS lebih banyak yang memiliki anak perempuan ketimbang anak lelaki?

Ya, pertanyaan untuk Obama tersebut memang tidak seluruhnya serius. Tetapi yang pasti, hal ini bisa mengindikasikan bahwa pengguna internet China yang sudah mencapai angka 330 juta pengguna juga ingin didengarkan aspirasinya.

Terlebih lagi, pengawasan pemerintah China terhadap konten dunia maya terbilang ketat. Jika ada situs, blog ataupun forum online yang diduga ada tendensi untuk menyerang pemerintah, tak perlu waktu lama untuk dilibas.

Twitter saja tak bisa diakses di negara komunis ini. Namun hal itu tak membuat netter di China patah arang, mereka pun harus melalui 'jalan tikus' untuk mengakes situs mikro blogging itu dan melompati filter yang disebut "Great Firewall of China" dengan mengandalkan proxy server.[detik]

2 Responses to Netter China Siap Bombardir Obama

  1. lhutfi Says:
  2. kasihan tuch obama..
    bisa-bisa gak mau balik lagi ke cina.. hehehe

     
  3. rahmatpunya Says:
  4. penduduk cina emang luar biasa banyaknya, jadi kalau satu orang satu pertanyaan saja, cape deh jawabnya, he..he..salam.

     

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts