Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Pulau Dewata Jadi Target Utama Penanganan Rabies

Posted by BlueDrak Thursday, November 5, 2009
.
















Bali -Bali menjadi target utama penanganan rabies. Pemerintah menargetkan Bali bebas wabah rabies pada tahun 2012. Target tersebut adalah lebih cepat dari target nasional pada 2015.

"Bali adalah destinasi pariwisata dunia dan strategis bagi ekonomi nasional. Kalau terlambat, dampaknya bisa sampai kemana-mana," ujar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PPLP)
Depkes, Tjandra Yoga Aditama.

Tjandra menyatakannya dalam peringatan Hari Rabies Se-Dunia di
Kabupaten Tabanan, Bali, Rabu (4/11/2009).

Tjandra mengatakan, wabah rabies di Bali sudah tergolong parah. "Bahkan, Bali telah ditetapkan sebagai KLB Rabies," katanya.

Menurutnya, penyebaran rabies di Bali juga tergolong cepat. Rabies di Bali telah menyebar ke enam daerah, yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar, Bangli, Karangasem. Tercatat, 14.264 kasus adalah karena gigitan anjing. 15 warga meninggal.

Upaya mempercepat Bali bebas rabies dengan mendirikan Rabies Center yang menyediakan vaksin anti rabies (VAR) untuk manusia di enam wilayah di Bali. Depkes bekerjasama dengan WHO melatih petugas medis rumah sakit, Puskesmas maupun klinik swasta.

Untuk mengatasi rabies, Pemrov Bali juga melakukan eliminasi atau pemusnahan anjing. Tercatat 26.705 ekor anjing dari total populasi anjing di Bali sebanyak 408.673 ekor telah dimusnahkan.[detik]

0 Responses to Pulau Dewata Jadi Target Utama Penanganan Rabies

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts