Search This Blog

Ads Here

Blog Share

Translator

Exchange Link



Please Copy Code Above to your page HTML then Confirm Click Here I'll copy your banner immediately

Award sahabat

Award sahabat

Mengintip Karakter Game dan Animasi di Indonesia

Posted by BlueDrak Friday, December 4, 2009
.
















Jakarta - Industri game dan animasi di Indonesia mulai menggeliat. Hal ini terlihat dari konsumsi game dan animasi yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja. Talenta animator serta game development lokal pun mulai dilirik dunia internasional.

Pada pertengahan 90-an, industri game dan animasi masih didominasi oleh Jakarta. Namun seiring perkembangan zaman, game dan animasi tidak hanya didominasi oleh Jakarta. Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang serta Semarang menjadi kota penghasil game dan animasi yang patut diperhitungkan.

Dituturkan oleh Intan Rizky Mutiaz, Staf Pengajar Multimedia dan Video Direktor, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB saat berbincang dengan detikINET, Kamis (3/12/2009), masing-masing kota tersebut memiliki karakter yang berbeda serta cukup kuat karakter tersebut.

"Masing-masing kota punya karakter yang berbeda. Dan cukup kuat karakternya," kata pria kalem ini.

Di Bandung, imbuhnya, karakter game dan animasinya cenderung minimalis dan menonjolkan sisi urban. Berbeda dengan Yogyakarta yang lebih menonjolkan karakter Indonesia.

"Game di Bandung biasanya ngga beda jauh dari clothing dan fashion. Cenderung minimalis dengan menampilkan sisi urban culture. Sedang di Yogya juga tidak jauh dari cerita-cerita rakyat. Misalnya cerita Punakawan dan lainnya. Yogya karakternya Indonesia banget," katanya mencontohkan.

Lebih lanjut Intan menambahkan, Surabaya, termasuk di dalamnya adalah Kota Malang, karakter gamenya lebih ke engine. Sedangkan karakter animasinya technical enginering.

Sedangkan untuk Semarang, karakter game dan animasinya tidak jauh berbeda dengan
Yogyakarta.

Dijelaskan oleh pria yang juga mengajar di beberapa kampus ternama di Bandung dan Jogjakarta ini, karya game animasi tidak beda jauh dengan strata sosial masyarakat. Namun Intan meyakini lambat laun karakter game dan animasi tersebut akan melebur. Hal ini dikarenakan adanya konsorsium yang menyatukan game dan animasi di Indonesia.

"Sekarang ngga seekstrim dulu. Sejak 1995-2000 sudah mulai berbaur. Namun karakter Yogya dan Bandung memang sangat kuat dan saling melengkapi," pungkasnya.[detik]

0 Responses to Mengintip Karakter Game dan Animasi di Indonesia

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Breaking News

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

There was an error in this gadget

Recent Posts